fadhilah surat Yasin

Apakah ada Hadis-Hadis sahih tentang fadhilah (keutamaan) membaca surat Yasin? Karena sebagian orang mengatakan: Surat Yasin itu tergantung untuk apa dibaca?

Jawaban:

Segala puji hanya milik Allah ta’ala.

            Pertama: Surat Yasin merupakan surat Makkiyah yang agung. Ia berjumlah 83 ayat. Pemisah yang pendek di antara ayat-ayatnya menjadikan diri setiap mukmin semakin bertambah iman ketika membacanya. Surat ini sama seperti surat-surat Makkiyah lainnya dalam hal pembahasannya. Yakni berbicara tentang tauhid uluhiyah, tauhid rububiyah, dan hukuman siapa pun yang mendustakan keduanya. Sementara masalah yang sangat difokuskan dalam surat ini adalah masalah hari kebangkitan dan  pengumpulan manusia.

            Kedua: Terdapat beberapa Hadis tentang keutamaan surat Yasin ini. Tapi kebanyakannya adalah Hadis dusta dan maudhu’ (palsu). Sebagian lainnya dhaif tapi dengan kedhaifan yang lemah. Namun kami tidak menemukan satu hadis sahih pun yang khusus membahas tentang fadhilah surat Yasin.

Di antara hadis-hadis tentang fadhilah surat Yasin yang didhaifkan para ulama’ Hadis, adalah Hadis-Hadis berikut. Maka kita harus memperhatikannya dengan seksama:

( إن لكل شيء قلبا ، وقلب القرآن ( يس ) ، من قرأها فكأنما قرأ القرآن عشر مرات )

“Segala sesuatu mempunyai jantung. Dan jantung Al-Qur’an adalah surat Yasin. Barangsiapa membacanya seakan-akan membaca sepuluh kali Al-Qur’an.”

( من قرأ سورة ( يس ) في ليلة أصبح مغفورا له )

“Barangsiapa membaca surat Yasin pada suatu malam, maka paginya dia pasti diampuni (oleh Allah).”

( من داوم على قراءتها كل ليلة ثم مات مات شهيدا )

“Barangsiapa yang terus-terusan membaca surat Yasin setiap malam kemudian meninggal, maka dia meninggal sebagai syahid.”

( من دخل المقابر فقرأ سورة ( يس ) ، خفف عنهم يومئذ ، وكان له بعدد من فيها حسنات )

“Barangsiapa masuk kuburan kemudian membaca surat Yasin, niscaya Allah meringankan siksa dari para penghuni kubur pada hari itu. Sementara bagi pembaca mempunyai kebaikan sejumlah orang-orang yang dikubur dalam pekuburan itu.”

Lihat Hadis-Hadis ini pada: kitab “Al-Maudhu’at” karya Ibnul Jauzi, 2/313, kitab “Al-Fawaid Al-Majmu’ah” karya Asy-Syaukani, 942,979, dan lihat pula kitab “Hadis qalbul qur’an yasin fil mizan wa jumlatun mimma ruwiya fi fadhailiha” karya Syaikh Muhammad Amru Abdullathif hafidzahullah.

            Ketiga: Sedangkan yang banyak diriwayatkan orang bahwa surat Yasin tergantung dibaca untuk apa:

( يس لما قرئت له )

“Surat Yasin tergantung dibaca untuk apa?”

            Maksudnya: Membaca surat Yasin menjadikan pembacanya memperoleh segala kebutuhan yang diperlukannya dan segala urusannya menjadi mudah tergantung ia membacanya untuk apa.

Yang wajib kita perhatikan: Kita harus tahu bahwa kita tidak boleh menyandarkan perkataan ini kepada sunnah Nabi, atau kepada perkataan ahlul ilmi dari para sahabat, tabiin, maupun para ulama’. Karena tidak datang dari seorang pun dari mereka, keterangan seperti ini. Sebaliknya mereka semua memperingatkan kita tentang batilnya pernyataan di atas.

Tentang Hadis ini, Imam As-Sakhawi rahimahullah dalam kitab “Al-Maqashid Al-Hasanah, hlm. 741 berkata:

” لا أصل له بهذا اللفظ “

“Lafadz seperti ini tidak ada asalnya.”

            Sedangkan Qadhi Zakariya dalam kitab “Hasyiyah Al-Baidhawi” seperti disebutkan dalam “Kasyful Khafa`”, 2/2215 berkata: Ini adalah Hadis maudhu’.

            Seperti itu pula yang disebutkan Ibnu Thulun dalam kitab “Asy-Syadzrah fi Al-Ahadits Al-Musytahirah”, 2/1158. Juga pada kitab “Al-Asrar Al-Marfu’ah” karya Al-Qari, hlm. 619. Juga pada tulisan Syaikh Muhammad Amru yang tadi sudah disebutkan (Hadis qalbul qur’an yasin fil mizan wa jumlatun mimma ruwiya fi fadhailiha”) di atas pada hlm. 80.

            Tidak boleh bagi siapa pun, menyandarkan hadis ini kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam. Juga tidak boleh menyampaikannya kepada manusia dalam majlis-majlis taklim.

Sedangkan seseorang yang mengaku bahwa pengalaman membuktikan kesahihan Hadis ini, maka dikatakan kepadanya: “Banyak juga orang yang membaca surat Yasin untuk memenuhi kebutuhannya, tapi kebutuhannya juga tidak dipenuhi oleh Allah. Maka mengapa kami mengambil pengalaman anda dan tidak mengambil pengalaman orang selain anda?”

Adapun yang dinukil Al-Imam Ibnu Katsir dalam kitabnya “Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim” (3/742) dari sebagian ulama’:

” أنَّ مِن خصائص هذه السورة أنها لا تُقرَأ عند أمر عسير إلا يسره الله تعالى ” .

“Bahwa di antara kekhususan surat Yasin jika dibaca saat kesulitan maka Allah pasti memudahkannya.”

            Maka ini adalah ijtihad para ulama’ itu yang tidak bersandar pada Al-Kitab, As-Sunnah atau perkataan para sahabat dan tabi’in. sehingga ijtihad semacam ini tidak boleh dinisbatkan kepada Allah maupun RasulNya. Tetapi dinisbatkan kepada orang yang mengucapkannya. Sehingga benar atau tidaknya perkataan tersebut dikembalikan kepadanya. Kita tidak boleh menyandarkan kepada Al- Qur’an maupun hadis, apa yang kita yakini datang dari orang tersebut. Allah ta’ala berfirman:

{قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَالْإِثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَأَنْ تُشْرِكُوا بِاللَّهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَانًا وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ } [الأعراف: 33]

Katakanlah: “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al-A’raf: 33)

            Berdasarkan ayat ini, kami memperingatkan bahwa kebanyakan orang yang terpenuhi hajatnya saat berdoa, atau ketika membaca surat tertentu, sesungguhnya hajatnya terpenuhi karena perasaan hatinya yang sangat membutuhkan kepada Allah dan sikap tunduk yang sangat kepadaNya. Bukan karena doa yang dia baca. Surat tertentu yang dia baca. Atau karena dia berdoa di samping kuburan dan lain sebagainya.

Allahu a’lam.

Rujukan:  http://islamqa.info/ar/ref/75894

Tulisan ini dipublikasikan di ISLAM dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s